Tingkatkan Pendapatan Asli Daerah, Bupati Dendi Perintahkan Dishub Data Dermaga Wisata Di Pesawaran.

44
0

Pesawaran,– INFONUSANTARA.co.id– Untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Bupati Pesawaran H. Dendi Ramadhona Perintahkan Langsung Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran mendata dan meninjau Demarga yang ada di wilayah wisata Kabupaten setempat.

Dalam hal ini, tim gabungan baik dari Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran dan Provinsi serta Kesahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) kelas satu panjang melakukan penijauan dan pendataan ke dermaga wisata bertujuan untuk menertibkan dan menggenjot Penghasilan Asli Daerah.

“Kami sudah dua kali melakukan pendataan untuk dermaga yang ada di Kabupaten Pesawaran yaitu dermaga mutun, sari ringgung, la nadia pahawang, ketapang, dan Spot pelangi pahawang. Kunjungan atau pendataan ini untuk menertibkan dermaga-dermaga di Kabupaten Pesawaran,” kata Dario SIP.,MM., Kepala Bidang Perhubungan Laut Pesawaran, saat ditemui pada saat melakukan pendataan dermaga sari ringgung, Selasa (29/06/21).

Dario menambahkan, masih banyak dermaga-dermaga yang ada di Pesawaran yang belum memberikan kontribusi pendapatan Ke-Pemerintah Kabupaten Pesawaran untuk memajukan pembangunan di bumi andan jejama pesawaran.

“Ya maka kami dari Dinas Perhubungan mulai mendata dermaga-dermaga untuk dikelola oleh pemerintah karena pentingnya keamanan dan kenyamanan untuk wisata khususnya, selain daripada itu untuk menggenjot PAD,” tambah Dario.

Setelah melakukan pendataan dan kunjungan langsung, dari situ kita nanti akan mengajukan kapada dinas-dinas terkait untuk membentuk TIM gabungan khusus.

“Dermaga yang baru dikelola oleh Pemerintah Pesawaran, itu hanya satu di dermaga ketapang, yang sudah kita terapkan untuk pengelolaan dan penerapan PAD,” ujar Dario.

Lebih lanjut dikatakan Dario menjelaskan, Tim gabungan pada saat ini memang sudah direncanakan untuk di bidang perhubungan laut guna melakukan secara langsung melihat kebutuhan-kebutuhan disetiap dermaga selain dermaga yang dikelola Pemda Pesawaran.

“Kami memang sudah merencanakan pada minggu lalu dan baru saat ini kami bersama tim Provinsi melakukan peninjuan serta berkoordinasi dengan pengelola wisata selain dermaga yang dimiliki Pemda,” tutup Dario.

Sementara, Azdi Adios Chandra sebagai Kepala Seksi (Kasi) Fasilitas dan Jasa Kepelabuhan Dinas Provinsi Lampung mengatakan, untuk pendataan dermaga yang ada di Kabupaten Pesawaran ini pihaknya hanya mendampingi Dinas Perhubungan Kabupaten Pesawaran.

“Kita mendata dermaga-dermaga yang ada di Kabupaten Pesawaran, untuk ijin mereka sebagian sudah ada, nanti untuk data selanjutnya kita akan koordinasi dengan KSOP dan dinas-dinas terkait untuk kita ajak bersinergi bersama pemerintah, baik dari kabupaten taupun provinsi,” pungkasnya. (Bdr).