SMA Negeri 1 Ambarawa Gelar ‘Ichiban No Matsuri V’, Peserta Antusias

170
0

Pringsewu,– INFONUSANTARA.CO.ID – SMAN 1 Ambarawa kembali sukses menggelar acara tahunan ‘Ichiban No Matsuri (INM) V’ yang bertema Attack On Winter, Shinzou Wo Sasageyo. Gelaran kali ini merupakan yang ke lima kalinya sejak diadakannya kegiatan ini yang pertama kali di tahun 2018.
.
INM merupakan program unggulan SMAN 1 Ambarawa yang diadakan setiap tahun dengan mengundang sejumlah sekolah di Provinsi Lampung yang memiliki program pembelajaran bahasa Jepang.


.
Kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk Lomba Bahasa Jepang ini bertujuan untuk memperkenalkan budaya Jepang sekaligus menumbuhkan kreativitas yang berkaitan dengan ke-Jepang-an. Melalui kegiatan festival ini diharapkan pengetahuan dan pemahaman siswa dan juga masyarakat terhadap bahasa dan budaya Jepang akan bertambah.
.
Kondisi pandemi Covid-19 tidak menyurutkan niat dan tekad para siswa yang tergabung dalam Klub Pecinta Bahasa Jepang sebagai pelaksana kegiatan ini. Dengan segala keterbatasan, panitia berhasil menggelar lomba ini secara online. Lomba yang digelar pada 2 – 8 Februari ini memperlombakan beberapa cabang lomba, yakni Kana Taikai (Pemahaman Kosakata Bahasa Jepang) yang dilaksanakan pada Rabu, 2 Februari 2022, Yomi Taikai ( Membaca Aksara Jepang) dilaksanakan pada Sabtu, 5 Februari 2022, Supiichi Taikai (Pidato Bahasa Jepang) dilaksanakan pada Senin, 7 Februari 2022, Japanese Song Cover (Menyanyikan Lagu Jepang) dilaksanakan pada 7 – 8 Februari 2022, Irasuto (Menggambar Ilustrasi Karakter Animasi Jepang) dilaksanakan pada 7 – 8 Februari 2022, dan Cosplay (Lomba Kostum Karakter Animasi Jepang) yang dilaksanakan pada 7 – 8 Februari 2022. Sedangkan puncak acara pengumuman pemenang hasil lomba ditayangkan secara online melalui kanal youtube pada Minggu, 13 Februari 2022.


.
Antusias panitia dan peserta tampak selama berlangsungnya kegiatan ini. Hambatan dan rintangan yang dihadapi seperti halnya koneksi internet, dll dapat dihadapi dan diselesaikan dengan baik. Ika Evridasari Sensei selaku guru Bahasa Jepang sekaligus Pembina Ekstrakurikuler Bahasa Jepang mengungkapkan kegembiraan dan kebanggaannya atas usaha dan kerja keras dari seluruh panitia yang terdiri dari peserta ekskul Bahasa Jepang dengan dukungan OSIS dan alumni.
.
Di sela-sela kesibukannya membagikan hadiah kepada peserta lomba, Ika Sensei berharap ke depan kegiatan ini akan terus berlanjut dan bisa terlaksana dengan lebih baik lagi. Dukungan dan support dari seluruh warga sekolah diharapkan demi kemajuan sekolah, terutama dukungan terhadap pelaksanaan Ichiban No Matsuri di tahun-tahun mendatang.(YONGKI).