Sekdaprov Fahrizal Buka Bimtek Aplikasi BELA Pengadaan Barang/Jasa Bagi UMKM Dan Perangkat Daerah Di Lingkungan Pemprov Lampung.

19
0

Bandar Lampung,– INFONUSANTARA.co.id — Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, membuka kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Belanja Langsung (BELA) Pengadaan Barang atau Jasa Bagi UMKM dan Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung, bertempat di Hotel Bukit Randu, Bandar Lampung, Rabu (09/06/2021).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Karo Pengadaan Barang dan Jasa, serta Dinas terkait lainnya di lingkungan Pemprov Lampung.

Program Bela Pengadaan merupakan program untuk mendukung UMK Go Digital melalui proses belanja langsung Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah yang bernilai paling tinggi Rp 50.000.000 kepada UMKM yang tergabung dalam marketplace sekaligus untuk mendorong bertumbuhnya UMKM di Indonesia.

Dalam sambutannya, Sekdaprov Lampung menjelaskan bahwa pertemuan kali ini dimaksudkan untuk membuka peluang bagi UMKM yang menjalankan usahanya sekaligus sebagai upaya Pemerintah dalam membantu dan mendorong UMKM.

“Ini adalah kesempatan bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM untuk memperluas jangkauan pasar. Pemerintah mendorong para pelaku UMKM ini untuk maju karena hal itu bisa membantu pemerintah memajukan perekonomian Lampung dan menggapai visi Rakyat Lampung Berjaya,” jelas Fahrizal.

Sekda menilai bahwa kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Belanja Langsung (BELA) Pengadaan bagi UMKM Provinsi Lampung Tahun 2021 ini berperan penting dalam rangka mendorong Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah untuk turut serta mewujudkan pengadaan yang inklusif, mengutamakan penggunaan produk dalam negeri melalui Program Bela Pengadaan, serta ikut berperan dalam mendorong Program UMK Go Digital memanfaatkan perkembangan Marketplace melalui Program Bela Pengadaan dengan tetap memperhatikan prinsip-prinsip pengadaan berdasarkan aturan yang berlaku sehingga tidak menimbulkan permasalahan hukum di kemudian hari.

Saat ini telah bergabung 12 mitra BELA Pengadaan diantaranya Gojek, Grab, Blibli, Shopee, dan Bizmarket. (Dinas Kominfotik Provinsi Lampung/Bdr).