Riko Saputra Berbagi Pengalaman Ikuti Kampus Mengajar.

36
0

Bandarlampung,- INFONUSANTARA.co.id- Program Kampus Mengajar, yang diluncurkan Kemendikbudristek, memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengajar di sekolah-sekolah, terutama bagi mereka yang memiliki rapor merah dalam numerasi dan literasi.

Salah satu mahasiswa yang merasakan manfaat dari program ini adalah Riko Saputra, mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi FKIP Unila 2022.

Riko aktif mengikuti kegiatan Kampus Mengajar tahun 2024 sebagai bagian dari program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Ia mengajar di SD Negeri 01 Garuntang, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung.

Riko mengetahui program Kampus Merdeka dari berbagai sumber, seperti website resmi Kemendikbudristek, media sosial, dan website kampus.

Setelah mendapatkan kesempatan untuk mengikuti program Kampus Mengajar batch tujuh, Riko menyadari program ini memberikan pengalaman berharga di luar kampus dan membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.

Menurut Riko, program ini menjadi wadah bagi mahasiswa untuk belajar di luar kampus dan berkolaborasi dengan para guru untuk meningkatkan literasi dan numerasi siswa.

Meskipun menghadapi tantangan dan kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru, Riko tetap termotivasi untuk membantu anak-anak memahami pelajaran dengan dukungan dari dosen, masyarakat sekitar, dan teman-teman.

Riko berpendapat, upaya meningkatkan kualitas pendidikan harus melibatkan semua pihak, bukan hanya guru dan pemerintah. Program Kampus Mengajar banyak berkolaborasi dengan sekolah di seluruh Indonesia dan memiliki peran penting dalam mencapai tujuan generasi emas di tahun 2045.

Berkat dukungan dosen, masyarakat sekitar sekolah, dan rekan sejawat selama mengajar, Riko semakin termotivasi membantu anak-anak dalam memahami pelajaran, demi mendapatkan pendidikan berkualitas.

“Upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia harus dapat dibantu semua pihak, tidak hanya guru di sekolah tetapi orang tua dan juga pemerintah,” ujarnya.

Dengan pengalaman dan semangatnya, Riko berencana untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui program Kampus Mengajar dan kegiatan lainnya.

Ia mengajak semua mahasiswa untuk ikut serta dalam program ini dan berkontribusi dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.(Red)