Pemkab Pesisir Barat Gelar Upacara Peringatan Hari Bela Negara dan Hari Ibu Tahun 2022.

109
0

Pesisirbarat,– INFONUSANTARA.co.id– Peringati Hari Bela Negara dan Hari Ibu tahun 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesisir Barat menggelar upacara. Kegiatan tersebut berlangsung di halaman Kantor Pemkab setempat, Kamis (22/12/2022).

Turut hadir mengikuti upacara tersebut, personil Polri, TNI, Satpol PP, dan seluruh jajaran Pemkab Pesisir Barat. Serta Ketua TP-PKK Pesibar beserta jajaran, Ketua DPRD Pesibar, dan jajaran kepala OPD kabupaten setempat.

Wakil Bupati (Wabup) Pesisir Barat A. Zulqoini Syarif yang bertindak sebagai Inspektur upacara dalam amanatnya menyampaikan, bahwa dirinya mengajak semua jajaran baik yang bertugas pada instansi vertikal, TNI-Polri, BUMD, BUMN maupun Aparatur Sipil Negara (ASN) pada jajaran Pemkab Pesibar, untuk terus berbenah diri terutama dalam hal meningkatkan akuntabilitas kinerja dan pelayanan publik agar semakin baik, semakin responsif dan memuaskan.

Menurut dia, seluruh warga negara harus memiliki semangat, kesadaran dan kemampuan Bela Negara. Harus mempunyai daya tangkal dan ketangguhan dalam menghadapi situasi yang semakin berkembang pesat dan kompleks di segala bidang. Oleh karena itu, kita semua harus terus membangun sumber daya manusia yang unggul, produktif, inovatif dan berdaya saing serta memiliki kesadaran Bela Negara.

“Bela Negara adalah sikap, perilaku dan tindakan warga Negara, baik secara perseorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan, keutuhan Wilayah serta keselamatan Bangsa dan Negara. Bela Negara dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawan dan rela berkorban dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara,” ujarnya.

Nilai dasar Bela Negara, kata dia, adalah cinta tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, dan kemampuan awal Bela Negara. Nilai-nilai inilah yang harus terus di implementasikan dalam program pembinaan kesadaran Bela Negara, baik itu di lingkungan pendidikan, lingkungan pekerjaan, maupun lingkungan masyarakat pada umumnya.

“Pada peringatan hari Bela Negara Ke-74 tahun 2022 ini, saya juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menunaikan tugas dan bertanggung jawab sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing, untuk ikut serta dalam Bela Negara. jadikan hari ini sebagai momentum bagi kita semua untuk semakin meningkatkan kesadaran, semangat, serta kewajiban dalam membela Negara, membangun Bangsa dan mempertahankan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang kita cintai. selamat hari Bela Negara ke-74 “Bangkit Bela Negaraku, Jaya Indonesiaku,” tuturnya.

Pada kesempatan itu, Wabup A. Zulqoini juga mengucapkan selamat Hari Ibu Ke-94 Tahun 2022 yang mengusung tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Dan untuk mendukung tema tersebut, sangat ditekankan bahwa perempuan juga mempunyai kesempatan, akses, serta peluang yang sama seperti laki-laki sebagai sumber daya pembangunan.

Menurut Wabup, Hari Ibu di Indonesia memiliki makna yang jauh lebih besar, karena dilandasi oleh tekad dan perjuangan kaum perempuan untuk mewujudkan kemerdekaan Indonesia, sebagaimana dideklarasikan pertama kali dalam kongres perempuan Indonesia pada 22 Desember 1928 di Yogyakarta.

Peringatan Hari Ibu, lanjut dia, sejatinya adalah penanda pergerakan perempuan Indonesia dari masa ke masa dalam mendidik generasi bangsa. Sekaligus berperan besar dalam menyuarakan hak-haknya guna mendapatkan perlindungan dan mencapai kesetaraan gender. Dan Hari Ibu juga menjadi pengingat bahwa perempuan merupakan sumber daya potensial, dan mampu berkontribusi setara dalam pembangunan serta menjadi pondasi yang kuat bagi tumbuhnya generasi yang berkualitas di tanah air.

“Sejarah tentunya menunjukkan bahwa, perempuan Indonesia turut memberikan sumbangsih nyata dan menorehkan kiprah dalam pembangunan Bangsa Indonesia. Mudah-mudahan, momentum Hari Ibu ke-94 ini, dapat menggugah berbagai pihak dalam pemberdayaan perempuan dan kesetaraan gender,” harapnya.(An).