Peluncuran Tahapan Pemilu 2024, KPU Kabupaten Pringsewu Siap Laksanakan Tugas Sesuai Aturan Yang Ada.

239
0

Pringsewu,–INFONUSANTARA.co.id –Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pringsewu siap menjalankan tahapan Pemilu 2024.

“Semalam kita mengikuti peluncuran tahapan Pemilu 2024 bersama KPU pusat secara virtual yang dibuka Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari,” kata Ketua KPU Kabupaten Pringsewu Sofyan Akbar Budiman, Rabu (15-6-2022).

Peluncuran tahapan pada Selasa (14-6) malam itu diikuti lima anggota komisioner yakni Ketua KPU Pringsewu Sofyan Akbar Budiman dan anggota, Juniantama Adi Putra, Saefuddin, Imam Buchori dan Sulaiman serta Sekretaris KPU Ari Mulando. Nampak juga dihadiri Muspida dan Bawaslu Pringsewu.

Ketua KPU Sofyan Akbar Budiman mengatakan, dengan peluncuran tahapan Pemilu dan Pilkada 2024 maka pihaknya telah siap melaksanakan tugas sesuai dengan aturan yang ada.

“Untuk segala kesiapan kami pihak KPU Pringsewu telah siap menjalankannya sesuai dengan divisi masing-masing dan aturan yang berlaku,” ucapnya.

Bahkan dihari itu juga, KPU Pringsewu telah memasang sejumlah baliho pada beberapa titik tentang ajakan kepada masyarakat untuk turut menyukseskan Pemilu 2024. “Harapannya masyarakat juga mengetahui dan mengerti tentang Pemilu 2024,” jelasnya.

Selain menyiapkan tahapan, pihaknya juga menunggu aturan dan regulasi dari KPU pusat. “Kami juga menyiapkan SDM yang mumpuni karena berkaitan dengan tahapan yang lumayan panjang hingga 20 bulan ke depan. Untuk tahun ini sudah beberapa tahapan yang dimulai seperti pendaftaran partai politik dan verifikasinya dan juga pemutahiran data pemilih,” kata dia.

Dalam waktu dekat, tahapan pemilu yakni pendaftaran partai politik yang dimulai pada 29 Juli 2022.

Selanjutnya, verifikasi dan penetapan Parpol pada 14 Desember 2022.

Terkait anggaran Pilkada, KPU Pringsewu telah membuat rancangan anggaran dan telah disampaikan ke Pemkab Pringsewu sebesar Rp35 miliar. “Rancangan draf anggaran sudah kami serahkan ke Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah yang nilainya Rp35 miliar,” ujar Sofyan Akbar Budiman.(Bdr).