Musrembang Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2022, Penyusunan RKPD Tahun 2023.

234
0

Pesisir Barat,– INFONUSANTARA.co.id – Gubernur Lampung diwakili oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Lampung Drs Qudrotul Ikhwan, M.M., didampingi Bupati Pesisir Barat Dr. Drs. Agus Istiqlal., S.H., M.H., membuka acara Musrenbang Kabupaten Pesisir Barat. Tahun 2022.

Acara tersebut berlangsung di Aula Lamban Apung, Kecamatan Pesisir Tengah Krui Selasa, 22 Maret 2022

Dalam sambutan Gubernur Lampung yang disampaikan oleh Drs Qudrotul Ikhwan MM menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati beserta jajaran dan seluruh masyarakat Kabupaten Pesisir Barat.

“Semoga kegiatan Musrenbang ini menjadi bukti bahwa Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat senantiasa memberi ruang kepada pemangku kepentingan dalam rangkaian proses pembangunan, yang tentunya dimulai dari tahap perencanaan,” katanya

Beliau juga berpesan, agar dalam penyusunan RKPD tahun 2023 benar-benar memperhatikan data-data makro dan kondisi sosial yang terjadi.

“Sehingga dapat memformulasikan program yang tepat dan memberikan daya ungkit yang kuat bagi pembangunan Kabupaten Pesisir Barat serta mampu menjadi penopang lajupembangunan bagi Provinsi Lampung,”ujarnya

Dalam kesempatan yang sama Bupati Kabupaten Pesisir Barat mengatakan, untuk dapat menyatukan persepsi, pikiran, tekad dan semangat untuk bersama-sama merencanakan arah pembangunan Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2023 mendatang.

“Untuk dapat bersinergi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi lampung hingga nantinya menjadi pedoman bagi pemerintah pekon. Tahun 2023 mendatang,”kata bupati

Ia berharap, kondisi perekonomian telah kembali normal seutuhnya pasca pandemi covid-19 yang sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat. Berdasarkan pada hal tersebut di atas, RKPD Kabupaten Pesisir Barat Tahun 2023.

“Untuk melanjutkan pemulihan ekonomi dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta memantapkan infrastruktur daerah,”harapnya.

Bupati menegaskan, pada tahun 2023, pembangunan daerah kabupaten pesisir barat diarahkan pada upaya untuk melanjutkan upaya pemulihan ekonomi daerah dan kesehatan masyarakat serta meningkatkan kualitas – kualitas sumber daya manusia.

“Prioritas pembangunan pada tahun 2023 juga masih terfokus pada peningkatan kualitas kesehatan, pendidikan, perlindungan sosial, pangan (pertanian dan perikanan), infrastruktur, pariwisata, dan umkm. Pada tahun 2023 arah pembangunan juga diarahkan pada penyelesaian beberapa proyek strategis daerah dalam menunjang pelayanan umum kepada masyarakat,”tegasnya

Arah pembangunan tersebut sebagai pedoman dalam mencapai prioritas daerah tahun 2023, yaitu:1. pembangunan sumber daya manusia;2. pembangunan infrastruktur dan aksesbilitas daerah;3. pembangunan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat;4. pengentasan kemiskinan daerah;5. reformasi tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik;6. pengelolaan lingkungan hidup dengan prinsip pembangunan berkelanjutan.

Dalam kesempatan ini juga bupati Pesisir Barat meminta dukungan yang seluas-luasnya dari Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat memprioritaskan pendanaan dan pembangunan di Kabupaten Pesisir Barat, serta bantuan fasilitasi dalam proses mendapatkan dana alokasi khusus fisik serta tugas pembantuan yang berlokasi di Kabupaten Pesisir Barat Negeri Para Sai Batin dan Ulama sebagai kabupaten termuda di Provinsi Lampung.

“Kami merasa sudah selayaknya kami mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah Provinsi Lampung,”pungkasnya

Dalam tersebut Turut hadir dalam acara tersebut Perwakilan dari beberapa OPD dilingkungan Pemerintah Prov. Lampung, Pimpinan dan Anggota DPRD Kab. Pesisir Barat, unsur Forkopimda Kab. Lampung Barat- Pesisir Barat, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan Pelaksana di Lingkungan Pemerintah Kab. Pesisir Barat, Pelaku Usaha dan Mitra Pembangunan Daerah, Insan Pers serta tamu undangan.(Ansori).