Ketua YKB Lampung Utara Diana Kurniawan Buka Kegiatan In-House Training Pendidikan Inklusif.

178
0

Lampung Utara,– INFONUSANTARA.co.id–
Ketua YKB cabang Lampung Utara Ny. Diana Kurniawan membuka kegiatan In-House Training sekolah penyelenggara pendidikan inklusif bertempat di Aula SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi Lampung Utara. Sabtu (25 /09/ 2021)

Dalam acara itu dihadiri oleh Dra Tri Yeni Kusuma dari dari Dinas pendikan provinsi dan Nurulita Arum Mpd selaku Nara sumber serta peserta yang di dari Guru dan staf SMA Bhayang Kara Kotabumi.

Kegiatan ini merupakan bantuan pemerintah dalam penyelenggaraan pendidikan bagi siswa berkebutuhan khusus. SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi merupakan piloting projects  bagi sekolah reguler yg menyelenggarakan pendidikan inklusif bagi siswa berkebutuhan khusus dan satu satunya sekolah reguler/umum tingkat SMA yang ada di Sumatera.

Menurut ketua YKB cabang lampung utara ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi YKB khususnya dan SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi Lampung Utara pada umumnya yang bisa dipercaya oleh pemerintah untuk menyelenggarakan pendidikan inklusif ini.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh kepala cabang dinas pendidikan dan kebudayaan provinsi Lampung Dra.Tri Yeni Kusuma MIP yang juga bertindak selaku narasumber dalam menyampaikan kebijakan dinas pendidikan guna untuk penyelenggaraan pendidikan inklusif.

Ny.Diana Kurniawan juga menyampaikan bahwa Pendidikan inklusif sangat penting bagi pendidikan anak. Karena itu, perlu adanya pemahaman yang jelas mengenai pendidikan inklusif.

Dalam ranah pendidikan, istilah inklusif dikaitkan dengan model pendidikan yang tidak membeda-bedakan individu berdasarkan kemampuan dan atau kelainan yang dimiliki individu. Konsep inklusif memberikan pemahaman mengenai pentingnya penerimaan anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus ke dalam kurikulum, lingkungan, dan interaksi sosial yang ada di sekolah.

Untuk mendukung terwujudnya pendidikan inklusi, perlu adanya sekolah inklusif. Sekolah inklusif adalah sekolah reguler yang mengkoordinasi dan mengintegrasikan siswa reguler dan siswa penyandang cacat dalam program yang sama.

Dalam sekolah inklusif, siswa berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan khusus sesuai dengan potensinya masing-masing dan siswa reguler mendapatkan layanan khusus untuk mengembangkan potensi mereka.

Dengan demikian, siswa yang berkebutuhan khusus ataupun siswa reguler dapat bersama-sama mengembangkan potensi masing-masing dan mampu hidup eksis dan harmonis dalam  masyarakat.

Pendidikan sekolah inklusif pada dasarnya bertujuan merangkul semua siswa berbagai latar belakang dan kondisi dalam suatu sistem sekolah. Selain itu, sekolah inklusif juga mencoba untuk menemukan dan mengembangkan potensi siswa yang majemuk tersebut.

Pendidikan inklusif perlu melibatkan orang tua dalam cara yang berarti dalam berbagi kegiatan pendidikan, terutama dalam proses perencanaaan, sedang dalam belajar mengajar, dan pendekatan guru berpusat pada anak. Demi terwujudnya pendidkan inklusif dalam sekolah, peran Warga Sekolah  sangat penting.

Bagaimana peran warga sekolah dalam pengembangan pendidikan  di sekolah inklusif? Pengembangan sekolah inklusif tentu tidak terlepas dari peran warga sekolah mulai dari kepala sekolah, guru, staf bahkan siswa serta semua elemen warga sekolah tersebut).

Warga sekolah harus mampu mengoptimalkan dan membangun sebuah sistem manajemen yang baik demi berhasilnya pendidikan dalam sekolah inklusif.

Dalam usaha  mensukseskan pendidikan inklusif di sekolah, warga sekolah juga mempunyai peran yang sangat besar khususnya bapak/ibu guru sebagai motor penggerak. Seluruh warga sekolah bertanggung jawab terhadap pelaksanaan dan keberhasilan pendidikan inklusif Bentuk tanggung jawab dan upaya mencapai keberhasilan tersebut dapat dilihat dari program-program yang dibuat, realisasi, dan evaluasi yang dilakukan.

Warga sekolah dalam menerima keberadaan anak berkebutuhan khusus sebagai suatu perbedaan dan harus mendapatkan perhatian dan layanan di sekolah inklusif harus selalu ditingkatkan dan diupayakan.

Sementara itu Bambang Nopriadi,S.Pd.,MM selaku kepala SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi Lampung Utara dalam kesempatan itu juga menyampaikan “Terima kasih atas dukungan ibu ketua pengurus cabang Ny.Diana Kurniawan yg begitu peduli dan perhatian pada perkembangan dan kemajuan sekolah.

“Semoga kedepannya SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi Lampung Utara dapat kepercayaan lebih bagi masyarakat Lampung Utara, sehingga mau menyekolahkan putra-putrinya pada SMA Kemala Bhayangkari Kotabumi.” ujar Bambang penuh harap.(Davi)