Kemendagri Gelar Workshop SIPD dengan Pemda dan DPRD Tambrauw.

48
0

Sorong,– INFONUSANTARA.co.id– Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Keuangan Daerah (Keuda) menggelar Workshop Implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) bersama Pemerintah Daerah dan DPRD Tambrauw. Kegiatan tersebut berlangsung di Sorong, Papua Barat, dari tanggal 2 hingga 4 April 2022.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuda Kemendagri Agus Fatoni mengatakan, workshop Implementasi SIPD merupakan agenda yang penting. Sebab, melalui agenda ini diyakini akan meningkatkan pemahaman perencanaan penganggaran, tata kelola keuangan daerah, dan pendalaman operasional SIPD. “Kegiatan ini penting, karena kita bisa saling sharing, berdiskusi untuk meningkatkan kapasitas atas pemahaman peraturan perundang-undangan, sehingga program, kegiatan, dan sub kegiatan di Kabupaten Tambrauw dapat disusun tepat waktu, tepat mutu, dan berkualitas,” ujar Fatoni.

Lebih lanjut, Fatoni mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk menerapkan SIPD. Pasalnya, upaya tersebut dinilai sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mendorong pengelolaan keuangan daerah yang lebih transparan dan akuntabel. “Manfaat dari SIPD antara lain adalah terintegrasinya seluruh proses perencanaan dan penganggaran, sampai dengan penatausahaan, akuntansi, dan pelaporan dalam pengelolaan keuangan daerah,” tegasnya.

Sementara itu, Bupati Tambrauw Gabriel Asem yang hadir dalam kesempatan tersebut berharap, agenda itu dapat memacu provinsi maupun kabupaten/kota agar mampu memahami konsep dasar perencanaan, penganggaran, pelaksanaan dan pertanggungjawaban, serta akuntansi dan pelaporan.

“(Melalui kegiatan ini diharapkan) terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan aparatur dalam menyusun perencanaan dan penganggaran sesuai regulasi yang berlaku, konsistensi penyusunan substansi antardokumen, dan komitmen aparatur dalam menyusun perencanaan dan penganggaran dapat tepat waktu, tepat mutu, dan berkualitas,” harap Gabriel.

Adapun workshop tersebut merupakan agenda yang digelar dengan melibatkan Pemda dan jajaran DPRD Tembrauw. Acara ini turut diikuti Ketua dan Wakil Ketua DPRD Tambrauw, Sekretaris Daerah (Sekda), beserta seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan jajaran Kabupaten Tambrauw.(*).