Gubernur Beserta Wakil Dan Forkopimda Provinsi Lampung Ikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI.

62
0

Bandar Lampung,– INFONUSANTARA.co.id — Gubernur Arinal Djunaidi beserta Wakil Gubernur Chusnunia dan Forkopimda Provinsi Lampung mengikuti Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka secara daring, bertempat di Balai Keratun Lt.III, Selasa (17/8/21).

Melanjutkan tradisi seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana Presiden selalu mengenakan pakaian adat nusantara, pada Peringatan Detik-detik Proklamasi tahun 2021 ini Presiden Joko Widodo memilih untuk mengenakan pakaian adat dari Lampung saat menjadi inspektur Upacara.

Presiden Jokowi mengenakan baju lengan panjang warna putih dan celana warna senada. Pada bagian pinggang dililitkan sarung khas Lampung warna merah yang ditenun dengan benang emas.

Penggunaan sarung di luar celana dengan panjang mencapai lutut. Presiden juga menyematkan selendang merah yang motifnya senada dengan sarung.

Di pinggang Presiden, melingkar ikat pinggang merah dengan asesoris lingkaran berwarna emas.

Sedangkan Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan busana nasional dengan kain songket.

*Upacara Detik-detik Proklamasi*

Dalam Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 ini, Kolonel Pnb. Putu Sucahyadi bertindak sebagai Komandan Upacara. Saat ini ia menjabat sebagai Asops Kosekhanudnas II Makassar.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka ialah Kapten Inf. Suryadi Nataatmaja. Saat ini pria lulusan Akademi Militer tahun 2012 tersebut bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad.

Bertugas sebagai Perwira Upacara diemban oleh Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya. Saat ini ia menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta.

Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) yang bertugas pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dibagi menjadi 2 tim yaitu yaitu Tim Indonesia Tangguh yang bertugas untuk mengibarkan Sang Merah Putih di halaman Istana Merdeka pada Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia dan Tim Indonesia Tumbuh yang bertugas pada Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih.

Ardelia Muthia Zahwa yang merupakan perwakilan dari Provinsi Sumatera Utara terpilih sebagai pembawa bendera Merah Putih.

Tiga lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas untuk mengibarkan bendera ialah Aditya Yogi Susanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Lampung. (Bdr).