Gubernur Arinal Djunaidi Gelar Rakor Sektor Pertanian dan Perikanan Provinsi Lampung Tahun 2021

84
0

Lamsel,– INFONUSANTARA.co.id.—Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengelar Rapat Koordinasi Sektor Pertanian dan Perikanan Provinsi Lampung Tahun 2021 bersama Kepala Dinas Lingkup Pertanian dan Perikanan serta para stake holder terkait Se-Provinsi Lampung di PKK Agropark Sabah Balau, Lampung Selatan, Senin (18/01)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Lampung Kusnardi, dalam laporannya mengatakan bahwa Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk melakukan evaluasi kinerja program pertanian tahun 2020, dan merumuskan langkah-langkah program pertanian tahun 2021 serta mensosialisasikan program-program tersebut.

Sementara itu, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya menyatakan bahwa sesuai dengan arahan Presiden RI Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Pertanian Nasional, terkait peringatan FAO tentang terjadinya krisis pangan global dimasa pandemi covid-19.

Gubernur Arinal menegaskan untuk melakukan pengelolaan pangan dan pertanian secara serius dan detil, melalui penerapan teknologi dan peningkatan target pertanian dan sinergitas dengan program pemerintah pusat.

Tahun 2020 Indonesia mengalami darurat kesehatan covid19, namun ditengah kondisi pandemi, beberapa hasil kerja Provinsi Lampung masih dapat berjalan dengan baik, hal ini ditandai dengan pertumbuhan angka ekonomi kita yang masih lebih baik jika dibandingkan capaian nasional,” tutur Gubernur.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Arinal Djunaidi juga memaparkan beberapa capaian Pemerintah Provinsi Lampung dibidang pertanian selama tahun 2020. Diantaranya adalah peningkatan luas panen padi sebesar 17,2% atau terjadi peningkatan sebesar 79.958 ha jika dibandingkan dengan luas panen tahun 2019, dan ini merupakan 5% dari total luas panen padi di Indonesia tahun 2020. Selain itu terjadi peningkatan Produksi dari 2,16 juta ton menjadi 2,59 juta ton di tahun 2020.