Festival Krakatau Ke-31 Digelar, Gubernur Arinal Dorong Pembangunan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi.

49
0

Lampung Selatan,- INFONUSANTARA.co.id — Gubernur Arinal Djunaidi mendampingi Menteri Pariwisata & Ekraf RI pada acara Pembukaan Pesona Kemilau Festival Krakatau ke-31 Tahun 2022 dengan tema “Tangguh Berjaya”, di Anjungan Agung Terminal Eksekutif Bakauheni, Sabtu (27/08/22).

Plt. Kadis Pariwisata & Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung, Qudrotul Ikhwan melaporkan bahwa Festival Krakatau merupakan wadah apresiasi dan puncak kreatifitas bagi seniman, budayawan dan masyarakat Lampung serta momentum pengingat erupsi Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Pada gelaran yang ke-31 tahun 2022 ini, Festival Krakatau yang mengambil tema “Tangguh Berjaya” masuk dalam 110 kalender kepariwisataan nasional Kharisma Event Nusantara 2022.

Adapun acara Budaya Pesona Kemilau Krakatau dan Tour Krakatau yang dilaksanakan pada hari ini merupakan rangkaian kegiatan utama Festival Krakatau tahun 2022.

Qudrotul juga menginformasikan, Tour Krakatau akan diikuti oleh 300-400 peserta, yang terdiri dari Tenaga Kesehatan yang merupakan trip reward selama penanganan Covid-19, peserta Lampung Familiarization Trip 2022 yaitu para influencer, vlogger, blogger serta jajaran Pemprov Lampung, Forkopimda dan undangan Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung.

Gubernur Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Indonesia telah dinobatkan sebagai Negara tercantik alami nomor satu di dunia oleh studi yang dilakukan peneliti dari Money.co.uk, sebuah situs layanan perbandingan dari Inggris. Hal tersebut, kata Gubernur, dipublikasikan oleh Majalah Time Out yang terbit di 328 Kota besar di 58 Negara seluruh dunia.

Pariwisata dan ekonomi kreatif dapat memberi kontribusi yang signifikan terhadap kebangkitan sektor kepariwisataan pasca pandemi dan mempunyai efek pengganda yang besar terhadap perkembangan ekonomi masyarakat.

Bahkan sebelum pandemi melanda, Gubernur juga mengungkapkan bahwa sektor pariwisata dan ekonomi kreatif diproyeksikan menjadi penyumbang devisa terbesar di Indonesia. Hal ini karena Indonesia memiliki ribuan destinasi wisata yang sangat bernilai, berbagai macam produk ekonomi kreatif dan sejalan dengan pembangunan infrastruktur pendukungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Arinal juga menginformasikan bahwa pada Triwulan II tahun 2022 ini, pertumbuhan ekonomi Lampung mengalami peningkatan sebesar 9,12% dibandingkan dengan Triwulan I dan merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-Indonesia.

“Mudah-mudahan kita bisa terus mempertahankan pertumbuhan ekonomi yang tinggi untuk mendukung pembangunan Lampung di berbagai sektor, termasuk sektor Pariwisata,” kata Gubernur.

Selanjutnya, Gubernur Arinal Djunaidi menjelaskan bahwa pembangunan sektor kepariwisataan Provinsi Lampung telah mendapat perhatian khusus dari Pemerintah Pusat. Salah satu keunggulan yang dimiliki Provinsi Lampung menurut Gubernur adalah aksesibilitas yang mudah dan dekat dengan ibukota negara.

“Alhamdulillah, Provinsi Lampung tahun 2021 lalu telah mendapatkan dukungan dari pusat dengan dimulainya Ground Breaking Kawasan Pariwisata Terintegrasi Bakauheni Harbour City,” kata Gubernur.

Hadir dalam acara Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Deputi bidang Kebijakan Strategis Kemenparekraf, Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur, Forkopimda Provinsi Lampung, Perwakilan Bupati/Walikota se-Provinsi Lampung, Dirut PT. ASDP Indonesia, Direktur Event Daerah Kemenparekraf, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemprov Lampung, Kepala PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Budayawan, serta para Influencer Vlogger dan Blogger. (Bdr).