Drs.I Made Bagiasa : Penularan Covid-19 Meningkat, Seluruh Perangkat Negara dan Masyarakat Harus Lakukan Aksi Strategis.

81
0

Lampung Tengah,– INFONUSANTARA.co.id– Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Lampung Drs. I Made Bagiasa, mengatakan disaat pandemi Covid-19 semakin meningkat, maka seluruh perangkat negara dan masyarakat harus melakukan aksi strategis dalam melakukan pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Hal itu disampaikan Made Bagiasa dalam kegiatan Sosialisasi Perda No 3 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19, di Dusun Mertasari Kampung SB 13 Kecamatan Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah, Minggu (11/7/2021).

Menurut Made Bagiasa, salah satu bentuk yang bisa dilakukan masyarakat melakukan pencegahan dan pengendalian Covid-19, disiplin menerapkan 5M yaitu; memakai masker, rajin mencuci tangan memggunakan sabun dengan air mengalir, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas dan interaksi.

Dalam diaolg terbatas menyikapi situasi pandemi covid -19 disampaikan beberapa wilayah di Lampung sudah masuk Zona Merah Covid-19, sehingga diterapkan PPKM Darurat.

Karena itu, Made Bagiasa juga Wakil Ketua Fraksi Golkar ini menyampaikan, bahwa sosialisasi Peraturan Daerah No.3 Tahun 2020 menjadi instrumen yang tepat bagi Pemerintah Daerah Provinsi Lampung untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa semua perangkat negara dan masyarakat untuk mendukung aksi strategis dalam respon cepat pandemi dari aspek kesehatan dalam adaptasi kebiasaan baru dalam pencegahan dan pengendalian Covid -19.

Made Bagiasa anggota DPRD Provinsi dari Dapil Lampung Tengah juga menyampaikan beberapa program Mitra Kerja Komisi II Bidang Pertanian. Selain itu, dia juga minta informasi beberapa program Pemprov Lampung terutama bidang pertanian dan peternakan yang sudah disalurkan ke masyarakat.

Sementara itu, narasumber Dr. I Wayan Mustika, M.Hum akademisi Unila dalam pemaparannya menyampaikan pencegahan Covid -19 dari aspek budaya berbasis pertanian bagaimana mengelola kehidupan sehari-hari dengan aktivitas bertani berwawasan global dengan tujuan peningkatan hasil pertanian. Sehingga kalau kesejahteraan petani tercapai imunitas dari aspek psikologi menjadi kuat dalam menghadapi situasi pandemi.

Hadir dalam kegiatan Sosper Perda No.3/2020 yang dilaksanakan oleh Made Bagiasa antara lain; Kepala Kampung SB 13 Made Rimbawa Putra, Kapolsek Seputih Banyak yang diwakili Briptu Nyoman Dana, Danramil diwakili Sertu Asep Sanaya, Tokoh Masyarakat, Agama, Pemuda, Gapoktan dan Warga Masyarakat. (Bdr).