DR. Agus Fatoni Dikukuhkan Sebagai Ketua Umum Pengurus Pujangga Periode 2020 –2023

310
0

Jakarta, — INFONUSANTARA.co.id.– Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Ikatan Keluarga Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (DPN IKAPTK) Akmal Malik resmi mengukuhkan pengurus Purna Praja Angkatan 03 (Pujangga) Periode 2020-2023, Rabu (30/12/2020). Pengukuhan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Ketua Umum Pujangga Nomor 01/XII/PUJANGGA/2020 tentang Pembentukan Dewan Pengurus Pusat Purna Praja 03 (Pujangga) Periode 2020 – 2023. Pengukuhan berlangsung di Aula Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Dalam Negeri dengan menerapkan protokol kesehatan, dan diikuti secara virtual oleh Pengurus dan anggota Pujangga di seluruh Indonesia.

Kepengurusan Pujangga saat ini, merupakan kelanjutan kepengurusan sejak Tahun 2012. Sesuai dengan Surat Keputusan tersebut, Ketua Umum Pujangga adalah Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si. yang juga Kepala Badan Litbang Kementerian Dalam Negeri. Fatoni terpilih secara demokratis dalam Silaturahmi Nasional (Silatnas) Pujangga yang diikuti oleh anggota Pujangga dari seluruh Indonesia, bertempat di Aula Zamhir Islami, IPDN Kampus Cilandak, Jakarta Selatan.

Ketua Umum DPN IKAPTK, Akmal Malik dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terbentuknya kepengurusan Pujangga Periode 2020–2023. Menurutnya pengukuhan pada hari ini merupakan sebuah terobosan yang patut dicontoh oleh organisasi angkatan purna praja lainnya. “Terus terang, selama ini organisasi berbasis angkatan belum ada yg dikukuhkan oleh Ketua Umum IKAPTK. Pujangga ini pertama kali dan menjadi pelopor. Saya minta kepada Sekjen, untuk memprovokasi angkatan yang lain untuk meniru dan mengikuti jejak Pujangga,” ujar Akmal.

Dalam kesempatan itu, Akmal juga berpesan agar IKAPTK ke depan harus memiliki program yang lebih riil sehingga lebih terasa manfaatnya bagi seluruh anggota. Salah satu programnya yaitu pembentukan pit stop di setiap daerah, sebagai sarana berkumpul dan konsolidasi. Selain itu, IKAPTK juga akan membangun warung IKAPTK sebagai sumber ekonomi untuk pembiayaan operasional dalam mendukung program organisasi. Program tersebut merupakan bentuk kontribusi purna praja dalam mendukung UMKM. “Kita akan buat di 34 provinsi. Isinya macam-macam bisa merchandise, kuliner khas daerah. Intinya begini, kita ingin lebih menggerakkan ekonomi dari kegiatan yang purna lakukan,” ungkap Akmal.

Pada akhir sambutannya, Akmal berpesan agar purna praja diharapkan lebih inklusif dan saling membantu, saling mendukung satu dengan yang lain. Kepengurusan Pajangga diisi oleh 500 personil, dengan anggota organisasi hampir 1.000 orang yang tersebar diseluruh Indonesia dan Timor Leste. Semua pengurus dan anggota Pujangga adalah birokrat dan mantan birokrat. Tercatat, ada 2 Kepala Daerah Pengurus dan anggota Pujangga, yaitu Walikota Pariaman, Sumatera Barat dan Bupati Sikka, NTT. Banyak diantara pengurus sebagai Sekda Kabupaten/Kota, Kepala Dinas, Camat dan sebagainya. Pengurus yang bekerja di Kementerian/Lembaga ada yang eselon I dan banyak juga eselon 2. Salah satu pengurus di Timor Leste adalah Ketua Komnas Ham dan Ombudsman Timor Leste.

Kepengurusan Pujangga yang dikukuhkan antara lain, sebagai berikut:

1. Ketua Umum: Dr. Drs. Agus Fatoni, M.Si.
2. Ketua Harian: Drs. Arifin, M.A.P.
3. Wakil Ketua Umum I: Dr. H. Genius Umar, S.Sos., M.Si.
4. Wakil Ketua Umum II: Drs. Baharuddin Pabba, M.Si.
5. Wakil Ketua Umum III: Agus Kuncoro S.Sos., M.Si. serta ketua ketua lainnya.
( Bdr ).