BUPATI PRINGSEWU HADIRI PANEN IKAN POKDAKAN ULAM TIRTA ASRI

104
0

Pringsewu,– INFONUSANTARA.co.id.– Bupati Pringsewu H. Sujadi menghadiri Panen Ikan dari Kelompok Pembudidaya Ikan Ulam Tirta Asri yang bertempat di Pokdakan Ulam Tirta Asri Pekon Sriwungu Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu, Selasa (02/02/2021).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPRD Kabupaten Pringsewu Suherman,S.E., Asisten Ekbang Drs. Masykur,M.M., Kepala Dinas Perikanan Debi Hardian,S.Pi., Camat Banyumas beserta Muspika, serta sejumlah Pengurus dan Anggota Pokdakan Ulam Tirta Asri.

Dalam sambutannya, Bupati mengatakan bahwa Kabupaten Pringsewu yang dengan luas wilayah kurang lebih 625 km persegi terdiri dari 9 kecamatan dan 126 pekon, memiliki potensi lahan budidaya 1.067 Ha dengan tingkat pemanfaatan 516 Ha (50%) dan puluhan embung serta 8 sungai, dimana sungai yang paling besar adalah Way Sekampung.

Potensi hasil perikanan air tawar Kabupaten Pringsewu rata-rata sebanyak 8000 ton/tahun dengan komoditas ikan lele, patin, mas, nila, dan gurame. Kemudian terdapat sekitar 21 Pokdakan yang telah memperoleh bantuan DAK berupa bibit ikan induk, ikan hias, pakan, obat obatan, bak semen untuk ikan hias, kolam terpal lele serta bantuan lainnya. Dari sejumlah Pokdakan tersebut, terdapat 6 Pokdakan yang telah berhasil panen dengan hasil panen sebanyak 8,219 ton ikan lele dan telah memulai musim budidaya Tahap II.

Atas nama Kabupaten Pringsewu dan pribadi sangat mengapresiasi dan merasa bangga atas perjuangan dan kerja keras semua pihak yang telah ikhlas dan tanpa pamrih mewujudkan upaya bersama membina dan mengembangkan potensi perikanan di Kabupaten Pringsewu. Kepada para pengurus dan anggota Pokdakan serta para pendamping dari Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu, untuk pengembangan usaha perikanan harus melalui konsep usaha yang terintegrasi dari segi produksi, pasca panen, serta pengolahan dan pemasaran produk”, ungkap Sujadi.

Sinergitas yang telah terjalin selama ini tidak hanya berfokus pada produksi melainkan pemasaran. Terkait pembiayaan usaha permodalan akan dibantu oleh perbankan, semoga Kabupaten Pringsewu dapat terus berjaya dan berkembang dalam sektor perikanan serta sektor-sektor lainnya”, harapnya.( Diskominfo Kab Pringsewu/Bdr).