Bawaslu Pringsewu Gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024.

118
0

Pringsewu,– INFONUSANTARA.co.id– Ajak insan media awasi Pemilu 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pringsewu gelar Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2024.

Puluhan insan media dan juga anggota Panwaslu Divisi Hukum, Pencegahan dan Partisipasi Masyarakat tampak mengikuti sosialisasi tersebut dengan menghadirkan narasumber akademisi Universitas Lampung, Robi Cahyadi Kurniawan, Selasa (29/11/2022) di aula Urbanstyle Hotel Pringsewu.

Ketua Bawaslu Pringsewu M. Fathul Arifin mengatakan, sebagai salah pilar demokrasi, peran media sangat dibutuhkan dalam pengawasan partisipatif untuk ikut serta melakukan pengawasan Pemilu, mengingat jumlah Panwascam yang ada tidak maksimal dalam melakukan pengawasan.

“Ini berati kami (Bawaslu, red) membuka diri untuk bekerjasama terkait kegiatan pengawasan mengingat jumlah anggota kami yang terbatas,” ungkapnya.

Sehingga, lanjut dia, keterbukaan informasi kepengawasan akan dilakukan oleh pihak Bawaslu kedepannya.

“Intinya kami melibatkan masyarakat luas untuk bersama-sama mengikuti atau melaksanakan pengawasan pemilu di 2024.
Kami berharap pesan-pesan pengawasan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas,” tambah dia.

Ketua AWPI Pringsewu Akhmad Khatttab, yang juga salah satu peserta sosialisasi, mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Bawaslu yang melibatkan media. Menurutnya, segala sesuatu yang berkaitan dengan keputusan dan program yang ada di Bawaslu bisa tersampaikan dan diakses oleh masyarakat luas.

“Karena media yang punya fungsi menyebarluaskan informasi kepada masyarakat, stakeholder dan pemangku jabatan,” ujar Khattab.

Sehingga, pelibatan media dalam sosialisasi partisipatif tersebut bisa memperpendek rentang penyampaian informasi kepada publik.

“Sekarang kan banyak tuh media, ada media cetak, online dan elektronik, tinggal masyarakat mau ngakses yang mana saja.
Sehingga apapun yang ada dalam program Bawaslu itu bisa terserap dan tersampaikan ke masyarakat,” tutupnya.(Yongki).