Asosiasi Pemain Inggris Tegaskan Dukungan soal 5 Pergantian Pemain

98
0
Manajer Liverpool Juergen Klopp mendesak penerapan kembali lima pergantian pemain. (Foto: Getty Images/Emilio Andreoli)

Jakarta – Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA) Inggris menyatakan sikapnya soal usulan penerapan kembali lima pergantian pemain. PFA selalu mendukung sejak awal.
Desakan untuk menerapkan kembali aturan lima pergantian pemain diungkapkan Manajer Liverpool Juergen Klopp dan Manajer Manchester City Pep Guardiola. Mereka menilai lima pergantian pemain adalah sebuah kebutuhan mengingat padatnya jadwal sejak pandemi COVID-19.

Baca juga: Klopp dan Guardiola Tuntut Liga Inggris Terapkan 5 Pergantian Lagi
Tapi penerapan kembali lima pergantian pemain sudah selalu mendapatkan penolakan. Sejauh ini sudah dua kali proposal diajukan namun kandas karena klub-klub yang lebih kecil memandang itu hanya menguntungkan klub-klub besar.

Klub-klub besar dinilai punya skuad yang lebih tebal dengan komposisi lebih bagus. Pelatih West Ham United David Moyes adalah salah satu penolak penerapan kembali lima pergantian pemain, tapi kini berubah pikiran setelah melihat kondisi para pemain.

Nah, Asosiasi Pesepakbola Profesional (PFA) ternyata sudah selalu mendukung usulan Klopp dan Guardiola. Bahkan sikap itu sudah mereka tunjukkan sejak proposal pertama setelah aturan dicabut.

“Kami sebelumnya memberi tahu Premier League bahwa kami akan mendukung langkah semacam itu terkait kesehatan dan keamanan di lapangan untuk para anggota kami sebelum pemungutan suara yang pertama. Dan posisi kami belum berubah,” demikian pernyataan resmi PFA seperti dikutip Sky Sports.

Sky Sports memperkirakan perubahan sulit terjadi sebelum akhir musim ini, mengingat sejauh ini sudah dua kali pemungutan suara digelar untuk menentukan penerapan kembali lima pergantian pemain.